Blogger templates

Menulis Untuk Peradaban

Blogger news

Blogroll

About

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

About me

Ibu Rumah Tangga, Dosen, Pebisnis online, Blogger, Konsultan IndScript dan Anggota Institut Ibu profesional

Pages

Flickr Images

BTemplates.com

Minggu, 03 Agustus 2014
Hari Jumat, tanggal 11 Juli 2014 adalah hari, tanggal, bulan dan tahun yang sangat bersejarah bagi saya.
Gimana ga bersejarah coba? di hari, tanggal, bulan dan tahun itu saya akan di eksekusi (hehe..kereen ya kayak yang mau dihukum pancung ajah :D )
yup...di tanggal itu tepat saya ujian tesis. 



Selama seminggu saya ga bisa tidur nyenyak (banyak nyamuk keles :P), bukan...bukan karena banyak nyamuk. tapi saya memikirkan penguji saya. iyaa..penguji saya.

Loh, kenapa penguji mesti dipikirkan sampe segitunya?
ya gimana ga kepikiran coba, saya dikasih kabar oleh pihak pasca kalo saya dapat penguji sepaket yaitu Bu Titik Ekowati dan Pak Edy Prasetyo.

Loh, ko sepaket?
iyaa...sepaket,  Bu Titik dan Pak Edy itu suami istri (katanya sih ini jarang-jarang dapat penguji yang sepaket..hihihi)

ah, sebenarnya fokus saya bukan karena sepaket dan tidak sepaketnya sih, tapi fokus saya ke Bu Titik Ekowati, penguji yang satu itu terkenal dengan judeeesss nya yang gak ketulungan itu (maaf ya Bu hehe)

ceritanya gini...saya waktu itu pernah bimbingan bareng sama Mbak Isti, saya mau bimbingan ke Bu Wulan dan Mba Isti mau bimbingan ke Bu Titik. sebenarnya saya dah kenal siapa itu Bu Titik, beliau adalah dosen pengampu Akuntansi Manajerial, orangnya cantik, imut, detail, tapi tetep aksen judes nya ada..hehe (keukeuh ya?....)

balik lagi ke cerita mbak isti dan saya yang sedang nunggu dosen pembimbing.
sebenarnya kami janjian masing-masing jam 09.00 WIB, saya janjian dengan dosen pembimbing jam 09.00 WIB dan mbak isti juga sama. jam sudah menunjukkan 09.36 WIB, itu dosen pembimbing ga juga keliatan sepatunya..eh batang idungnya..hehe

tidak lama berselang..kami liat Bu Titik yang baru naik ke lantai 3 tempat dimana kami menunggu dosen pembimbing.
Subhanalloh...wajahnya bu Titik...sereeeeemmmm dan judeeeess ga ada senyum sedikitpun, padahal masih pagi loh.
saya pun berbisik, "mbak Is....bu Titik ko serem banget sih, saya takut liatnya", 
"iya mbak Hen...serem amat ya, ga ada senyum" timpal mbak Isti.
"udah mbak bismillah saja, mudah2an hatinya ga seseram wajahnya..hihi" kata-kata saya memotivasi mbak Isti.

kejadian itu bukan kali pertama saya melihat wajah Bu Titik yang ga ada senyum. itu kali keberapa gitu..tapi itu wajah yang paling terjudesss yang saya liat..hehe.

Ok, kembali lagi ke alasan kenapa saya ga bisa tidur waktu itu.
waktu saya tau kalo penguji saya itu bu Titik, saya langsung lemes, saya udah ngebayangin bagaimana nanti saya babak belurnya sama dia, mana dia adalah orangnya detail banget dan kata-katanya itu loh bikin sakit, dan sakitnya tuh disisni (sambil nunjuk ke dada hehe)

Hari senin saya dikasih tau, sementara saya ujian hari jumat pukul 14.00 WIB.
ga kebayangkan bagaimana saya melewati hari-hari menjelang ujian tesis, itu benar-benar galau level 10 (hehe kayak kerupuknya mak icih aza ya..)
menunggu ke waktu sidang rasanya itu seperti setaaaun....lamaaaa bangeeettt.

saya punya kebiasaan, kalo mau apa-apa saya selalu nelpon dan minta restu sama Ibu saya. waktu itu saya hampir tiap jam nelponin ibu saya, minta doanya agar saya diberi ketenangan dan kemudahan dalam ujian. gak tangung-tanggung Bapak saya yang sedang sakit stroke ikut2an nelpon dan memotivasi saya.
" Lamun dosen penguji nyarekan, anggap bae radio bodol nyah...(arti: kalo dosen penguji marah-marah, anggap saja radio rusak ya)hehe" kata bapak saya.

Kegalauan saya tidak karena itu saja, tapi karena si mangga gedong gincu juga.
Hah...mangga gedong gincu? emangnya mangga gedong gincu mau nguji juga ya? hehe

bukan, bukan mau nguji...tapi karena mangga gedong gincu yang dipaketkan belom dateng-dateng.
ceritnya gini, aku di sms in sama mbak Rina (bagian keuangan di Magister Agribisnis), beliau suka bantu mahasiswa untuk ngusrusin konsumsi ya termasuk saya juga dibantuan sama mbak Rina plus sama Mbak Ayu juga (bagian akademik) yang sering saya repotin kalo urusan minta keterangan surat ini dan itu..hehe

Nah, mbak rina sms, "kalo kamu ga keberatan, nanti bawa sampel mangga gedong gincu nya ya, soalnya biasanya yang lain juga gitu, ini kalo kamu ga keberatan loh ya"

sebenarnya ga keberatan sama sekali, karena sebelumnya saya berencana mau bawa mangga gedong gincu. tapi...karena waktu itu saya ga jadi pulang soalnya masih ngurus ini dan itu. dan akhirnyaa....saya minta bantuan ke Dede Kopma (mahasiswa Universitas Majalengka) untuk nyari mangga gedong gincu dan nanti sekalian minta tolong dipaketkan ke Semarang. 

Saya cuma pesan 6 kilo, soalnya harga satu kilonya Rp. 35.000,00, belum ongkirnya kurang lebih Rp.130.000 an, mahal kan? 
kata Dede, hari kamis juga nyampe ko teh. saya lega....karena saya ujian kan jumat siang.
eh, sudah di tunggu-tunggu sampe jumat siang tuh paket mangga ga dateng-dateng. sampe-sampe saya pesimis, sepertinya paket mangga baru datang besok sabtu.ah..sudahlah....(langsung saya bergegas ke kampus)

eh, tiba-tiba waktu saya bersiap mau berangkat, Dido (anak ibu kost ku) memanggil, "mbak Henny...ada paket nih". 
kontan, langsung saya menghambur....oh alhamdulillah..akhinya paket mangga nyampe tepat pukul 12.32 WIB.
dan..langsung saya bawa beserta keranjangnya ke kampus. Alhamdulillah ibu kost dengan baik hati mau mengantarkan saya ke kampus, jadi lebih cepat dan ga rempong hehe.

------

Jam menunjukkan pukul 13.20 menit.
tiba-tiba mbak Zaenun, yang baru masuk ke sekertariat Magister Agribisnis bertanya, "Teh ujian sekarang?"
"iya mbak" kataku
"siapa pembimbingnya?" tanya mbak Zae
"Bu Titik dan Pak Edy" jawab saya.
"Loh, itu Bu Titik dan Pak Edy sudah ada loh di ruang sidang" kata mbak Zae lagi
"Hah..sudah ada? bukannya nanti ujian kan jam 14.00 ya" jawab saya lagi.

Tak mikir lama lagi saya langsung menghambur ke ruangan sambil membawa sampel mngga gedong gincu.
ya Alloh benar saja mereka sudah ada di ruangan.
ada Bu Titik, ada Pak Edy dan ada Bu Wulan.
langsung saya salamin satu-satu.

tiba-tiba bu Titi bertanya, "ko tanganmu dingin banget mbak" tanya bu Titik dengan wajah tersenyum.
"Iya bu...AC nya ke gedean" jawab saya sambil tersenyum.

"Ya Alloh...ko Bu Titik wajahnya ceria banget ya, semoga pas ujian juga tetap ceria seperti itu" aamiin (doa saya di sela-sela rasa tegang yang menusuk, cieee bahasanya hiperbola banget..hihi)

dan tidak lama Pak Karno selaku pembimbing 1 saya dan juga merangkap sebagai pemimpin sidang datang, beliau sekaligus menggantikan Prof. Vitus yang berhalangan hadir.

"Sidang dimulai 13.30 WIB dan berakhir tetap jam 16.00 WIB" kata Pak Karno.

"Loh saya kira bisa selesai lebih cepat" sambung Bu Titik dengan senyum, dan langsung disambut dengan gelak tawa dosen yang lain yang hadir.

"Ini adalah sidang paling spesial, karena Suhaeni  (nama lengkap saya..hehe) ini adalah salah satu mahasiswa penerima beasiswa unggulan calon dosen. jadi ujiannya harus lebih dari pada mahasiswa lain" kata pak karno dengan penuh senyum.

akhirnya ujian pun dimulai, dan kesempatan pertama pun di berikan ke Bu Titik.
wow......detail banget hampir per lembar beliau tetili, sampe kurang hurup "a" atau "e" saja beliau tau. hebattt...saya sangat salut sama beliau.
dan ternyata beliau tidak se killer dan se judes yang saya bayangkan sebelumnya, beliau baikkk banget..ga tau kenapa? apa karena nguji bareng suaminya? atau memang mood nya lagi bagus, ah..entahlah"

yang pasti sewaktu sidang saya menikmatinya, meski masukan dan koreksi banyak, terutama karena kesalahan redaksional. 
ujian pun berlanjut ke Pak Edy, Bu Wulan dan terakhir Pak Karno.

dan...ternyata ujian belum selesai juga padahal jam sudah menunjukkan 16.15.
Waahh..gila..saya ujian hampir 3 jam. benar berarti ya kata Pak Karno ini ujian yang spesial.

ujian pun usai....dan saya dinyatakan LULUS alhamdulilah..... hati saya plooongg banget, "asa bucat bisul" kalo kata orang sunda mah..hihi..
dan di sesi terakhir, saya diberi kesempatan oleh pemimpin sidang untuk mengucapkan sepatah dua patah kata, dan dengan spontan saya menceritakan bagaimana perjuangan saya sampai saya bisa ujian sekarang ini.

ternyata...saya tidak menyangka, kalo cerita spontan tentang perjuangan saya itu telah membuat dosen-dosen pembimbing dan penguji saya berkaca-kaca. dan dengan spontan pula saya menyampaikannya dengan suara terbata-bata nangis bahagia, serasa ga nyangka saya sudah lulus (lebay ya? hihi....)

Finally, saya mengucapkan banyak terimaksih kepada dosen-dosen pembimbing saya, Pak Karno yang senyumnya begitu cerdas (senyum cerdas gimana hayoooo? hehe), yang dengan tidak pernah lelah membimbing saya dengan penuh kesabaran.

Bu Wulan yang lemah lembut , meski terkadang di buat kesel kalo janjian suka ga on time kadang memabatalkan spihak, but...trimaksih sdh mengajarkan kepada saya tentang arti kesabaran dan perjuangan. perjuangan memang butuh pengorbanan. 

Untuk para dosen penguji saya, Ibu Titik yang baik banget, terimaksih atas masukan pentingnya. ternyata orang yang berwajah judes, itu belum tentu hatinya juga judes ya (maaf ya Bu...hehe)

Buat pak Edy yang suka humor ketika suasana sedang tegang, makasih ya Pak atas masukannya.

Oh ya buat Prof. Vitus selaku kaprodi Magister Agribisnsi, terimakasih kemarin sudah mendengarkan curhatku ketika saya sulit menemui pembimbing 2, dan dengan bijak beliau memotivasi saya untuk terus berjuang menemui pembimbng saya.

Buat mbak Rina dan Mbak Ayu...maaf ya suka direpotkan oleh saya. terimakasih sebesar-besarnya buat kalian berdua :) 

Oh ya, buat mas Erno, tengkyu ya sudah membantu saya terutama untuk minta tolong motocopiin.

Tengkyu buat mbak Leni yang selalu memberi masukan, terngkyu juga buat mbak isti yang bersedia untuk menjadi teman sharing.
Buat teman-teman angkatan IX yang tidak bisa disebutin satu per satu. trimaskih semunya......pasti suatu saat kita akan kangen dengan momen kumpul-kumpul lagi. kangen sma cilok di depan pasca, kangen makan siomay disela-sela istirahat makan siang :)

semoga semuanya bisa sukses dan nanti kita bisa ketemu lagi di wisuda bulan Oktober. aamiin.











0 komentar: