Blogger templates

Menulis Untuk Peradaban

Blogger news

Blogroll

About

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

About me

Ibu Rumah Tangga, Dosen, Pebisnis online, Blogger, Konsultan IndScript dan Anggota Institut Ibu profesional

Pages

Flickr Images

BTemplates.com

Kamis, 27 Oktober 2016
Resume Diskusi
Matrikulasi Ibu Profesional Sesi #1
ADAB MENUNTUT ILMU
Tanggal : 17 Oktober 2016
Waktu : Pkl. 19.30 s.d 21.12 WIB
Fasilitator : Ibu Dzikra Ihdaiyatul 'Ulya (Chika), Ibu Maria Ulfah, Ibu Rizki Fajriyani Jurnaliska
Ketua Kelas : Ibu Linda
Koordinator minggu I : Ibu Nurrita Dewi
Sekretaris : Ibu Eneng Inayatin
(Absensi dihadiri 39 peserta)
Pertanyaan no. 1-6 dijawab oleh Ibu Chika
1. Ibu Ayirodiah - Cianjur. Apa perbedaan perilaku dan tingkah laku? Tingkah laku adalah tindakan suatu organism yang dapat diamati dan bahkan dapat dipelajari. (Ribert Kwick, 1974)
Sedangkan Secara umum perilaku manusia pada hakekatnya adalah proses interaksi individu dengan lingkungan sebagai manifestasi hayati bahwa dia adalah makhluk hidup.
Tingkah Laku adalah tindakannya, perilaku adalah proses interaksinya.
Sumber: Agustina Dwi Herawati. Perkembangan Psikologi
2. Ibu Haifa - Serang.
Dlm era media sosial sekarang ini, banyak sekali saya lihat orang2 yg memberikan feedback berupa kritikan secara terbuka yang dapat dilihat / dibaca oleh setiap orang terhadap ilmu yg disampaikan oleh seorang alim ulama
Pertanyaannya:
A. Apakah diperbolehkan seorang murid memberi masukan / kritikan secara terbuka terhadap ilmu yg dirasa kurang tepat menurut murid tersebut? Menurut saya, Guru yang baik adalah guru yang mampu mendengarkan. Tidak ada salahnya bersikap kritis.atau berpikir skeptis. Yang terpenting, anak tau bahwa setiap guru pasti memiliki ilmu. Tugas murid, adalah menyerap, menalar, bertanya, dan menerima bahwa ada banyak ilmu yang belum diketahui. Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar.
B. Apabila diperbolehkan, bagaimana adab yang baik agar sang guru yg mendapat kritikan tersebut tetap mendapat ridha guru supaya ilmu nya tetap berkah dan manfaat? Bertanya, bukan mempertanyakan. Tanyakan sesuatu secara kritis, dengan cara yang santun. Setelah mendapat penjelasan, jangan berdebat... tapi.coba resapi dan ambil yang sesuai dengan hati nurani.
3. Ibu Lusi Mulyantini - Pandeglang
A. Terkait dengan adab terhadap diri sendiri, bagaimana cara untuk menumbuhkan keikhlasan dan membersihkan hati dlm menuntut ilmu dari hal2 yang sedang membuat hati kita risau? Misal, ketika dihadapkan dengan musibah saat sedang belajar.
Jawab: Tetap menjaga niat dalam mencari ilmu, musibah datang sbg penguji ketakwaan & kesungguhan kita belajar. Yakin pasti ada Hikmah dibalik musibah yg kita hadapi, hanya saat ini mungkin pikiran & hati kita belum mampu menangkap hikmah tersebut. Dan Hikmah adalah ilmu Allah yang harus dimengerti oleh penerima nya dgn hati lapang
B. Ketika ada sedikit kesalahan dalam penyampaian ilmu oleh guru, apa yang harus kita lakukan untuk mengoreksi kesalahan, jika tipikal guru kurang mau menerima koreksi dari kita?
Jawab: sampaikan dengan kritikan dalm bentuk pertanyaan & masukan, tentu saja dgn bahasa yang santun. Resapi jawabannya, ambil kebaikannya sj n jangan mendebatnya dimuka umum
4. Ibu Linda - Serang
Kelas online yg diadakan sepekan sekali sbnrnya ringan, tp akan terasa berat barangkali utk para ibu muda yang belum terbiasa online non-stop kurleb 2 jam, minta tips saja biar bisa mgkondisikan semua hal agar bs mgikuti kelas online dgn aman dan nyaman. Tips mengelola waktu kuliah MIP:
Senin : Kelas Matrikulasi
Pukul 08.00 wib baca materi di FB/WA
Pukul 08.15 ajukan pertanyaan.via.sekretaris
Pukul 20.00 simak jawaban dr fasil di.WA, jika ada yg masih mengganjal tinggalkan.pertanyaan.di. kolom.komentar fb.
Selasa :
Pukul 08.00 wib lihat tugas NHW di.WA atau FB
bila ada yg ingin.ditanyakan, ajukan.via.sekretaris
20.00 simak.jawaban... lalu buat NHW nya
5. Ibu Sofi - Garut
Bagaimana adab meminta izin (misalnya meninggalkan forum sblm waktunya) dlm sebuah majelis yg skalany besar (sprti seminar, kelas online yg pesertany bnyak, atau pengajian besar)?
Karena yg biasanya dilakukan kebanyakn orang, adalah meninggalkan begitu saja forum tanpa meminta izin terlebih dahulu. Bisa jd krn kalau minta izin malah mengganggu forum yg sdg berjalan dsb. Biasanya setiap.forum akan menjelaskan peraturan di awal acara. Untuk seminar, usahakan untuk keluar ketika pergantian pemateri. Atau ketika coffee break. Jika ada forum online nya, maka bisa mengucapkan permohonan maaf di sana.
6. Ibu Amel - IIP Serang
A. Bagaimana carany atau kiat khusus utk membuat kita ikhlas dan membersihkan bathin kita, sehingga ilmu yg kita pelajari mudah masuk kehati shg bs diimplementasikan bukan sekedar mengerti ilmu saja?
Ibu Rizki : meluruskan niat, kita tujuannya mencari ilmu utk apa? Apa manfaatnya bagi kita, stelah itu diamalkan. Karena kadang pemahaman ilmu itu datang stelah diamalkan & dilaksanakan. Learning by doing
B. Apakah pengertian dan penjelasan dari kalimat adab terhadap sumber ilmu yaitu tidak meletakkan sembarangan atau memperlakukan sumber ilmu dlm bentuk buku ketika sedang kita pelajari, dan contohnya?
Jawab: buku sebagai alat sumber ilmu adalah simbol dari ilmu dan hal2 yg kita muliakan. Yang kita hargai adalah hakekat isi buku itu bukan kertas. Bentukpenghormatan adalah menmpatkannya ditempat yg tepat. Misal tidakmenaruh buku dilantai yg dilalui orang2 berjalan kaki. Terlebih lagi, Alquran adalah memuliakannya n menaruhnya di tempat yg mulia/diatas meja
7. Ibu Azizah - Serang
A. Apa konsekuensi dari tdk mengikuti adab menuntut ilmu?
B. Sepertinya di negara kita tdk sedikit org yg berilmu tp kenyataannya banyak yg menggunakan ilmunya untuk menyesatkan orang, membatah alqur'an, dll. Ini fenomena apa?
C.Sceptical thinking itu contoh konkritnya kyk gmn ya?
Ibu Rizki : A. Ibu Azizah, sependek pengetahuan saya, konsekuensi dari tidak menerapkan adab dalam menuntut ilmu adalah ketiadaan barakah di dalamnya. Ketiadaan barakah itu bisa berbentuk banyak hal seperti cepat lupa atas ilmu tsb, sulit mengamalkan, rasa enggan mengajarkan dst.
B. Bukan hanya di negara kita Bu. Dan bukan pada zaman kita saja. Dari sejak zaman para nabi pun orang2 seperti itu sudah ada. Jadi ini adalah fenomena yang akan terus terulang sepanjang zaman. Tinggal kita meyakinkan diri tetap berada di barisan orang berilmu, beriman, dan beradab.
C. Sceptical thinking itu maksudnya ketika kita mendapatkan suatu informasi atau berita dari media sosial, kita tidak langsung percaya, apalagi langsung membroad cast. Dalam sceptical thinking ada proses mempertanyakan, meragukan dan mengkritisi. Kemampuan ini penting agar kita tidak mudah terbawa oleh informasi-informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya.
8. Ibu Irma
Bisakah kita menuntut ilmu hanya dari buku yang kita baca ? Atau dalam menuntut ilmu harus selalu ada Guru yg membimbing ?
Ibu Chika : Ibu Septi mengajarkan untuk selalu.mencari sumber ilmunya langsung. Karena, berguru langsung dan hanya membaca itu efeknya beda, karena dg menemui.guru, energi dr guru.pun ikut terserap.
Perihal adab guru, ada bahan renungan dari Teh Ninih :
Saudaraku hati-hati bila anda sedang mencari guru apalagi yang bisa membimbing ke jalan Ridho Allah, sebaiknya perhatikan hal berikut ini:
A. Selalu sandarkan hati kepada Allah, memohon petunjuk-Nya agar ditemukan dengan seorang guru yang benar-benar bisa membimbing ke jalan Ridho Allah.
B. Perbanyak silaturahmi dengan pesantren, madrasah atau majlis taklim dan para guru/kyai/ustadz, perkaya diri dengan ilmu dan wawasan. Sehingga melahirkan sifat arif dan bijak dengan perbedaan.
C. Islam adalah agama yang indah, sehingga guru yang baik tidak akan menghina, merendahkan, dan menistakan sebuah golongan hanya karena berbeda pandangan/pendapat.
D. Kesholehan seseorang bukan dilihat dari keajaiban atau keanehan yang dipertontonkan, tapi bisa dilihat akhlak kebiasaannya.
E. Guru yang baik sangat menjaga dari hal yang sia-sia, penuh rendah hati, menjaga dr larangan Allah. Bukan dilihat dari aksesoris semata.
Semoga kita dipertemukan dengan guru pembimbing dunia akhirat yang ikhlas. Aamiin
Ibu Lusi : Untuk pertanyaan bu irma, kalo menurut saya, kita tetap butuh guru dalan menuntut ilmu. Banyak ilmu yang multi tafsir dan butuh guru untuk bisa menjelaskan tafsir yang tepat. Kita bisa lihat shiroh rasulullah atau berkaca pada ulama. Mereka ketika belajar pun tetap berguru. 🙏
Ibu Rizka : Untuk penguat bisa dilihat di surah al isro ayat 36
9. Ibu Yuni
Izin bertanya ya. Kalau adab murid kepada guru sudah dijelaskan, nah adab guru kepada murid bagaimana ya? Kadang ada guru yg galak/main pukul/cubit/mengatai muridnya bodoh dll. Terima kasih
Ibu Chika : Lihat jawaban Teh Ninih di no. 8
Jika ada guru yg kurang beradab, maka prinsipnya.. ambil yang baiknya saja.
Tak perlu kita berdebat, apalagi membalas.
Ibu Ulfah : Sebaik2 contoh Adab yg kita tiru sbg guru adalah adab yg diajarkan Rasulullah dlm berhubungan dgn sahabat2nya.
Beliau bisa memposisikan diri berbicara/mengajar kpd sahabat/murid yg cerdas seperti ali r.a, tapi jg bisa mengajar dgn baik kpd sahabatnya yg masih belum tahu. Jadi Rasulullah sgt mengerti karakter murid2 nya. Itu patutkita contoh.
Sifat lemah lembut & ikhlas perlu dikedepankan agar ilmu yg disampaikan oleh guru bisa diterima dgn baik oleh murid2nya.
Ibu Rizki : Saya teringat dengan sebuah pepatah Arab, "Wa laysa akhu 'ilmin kaman huwa jaahil"..dan bukanlah org yang berilmu itu seperti org yang bodoh..
Dlm hal ini maksud saya jika ada guru yg seperti itu maka beliau baru sebatas menyampaikan informasi (pengetahuan) bukan yang berjiwa mendidik. Maka luruskan dengan bijak.
Ibu Aini : Bagaimana jika kita sudah mncoba mluruskan tapi guru tsb tidak mngindahkan... Msh brsikap sama
Ibu Ulfah : Sama seperti jawaban Teh Chika diatas, kita ambil sisi kebaikan dari beliau. Lalu kita mencari guru yg lain yg arif, yang memahami & mengamalkan ilmunya
10. Ibu Nina - Pandeglang
Ketika seseorang telah memilki begitu bnyak ilmu yg telah di ketahui oleh masyarakat luas. Tapi seorang tersebut tidak mau membagikan ilmu yg dia miliki apalagi untk mengimplentasikan.
Apakah ini dampak dari sebelum mnuntut ilmu org tersebut tdak mengikuti adab" dlm mnuntut ilmu..??
Ibu Ulfah: menurut saya Iya al 'ilmu bila amal kasysyajar bilaa tsamar
"Ilmu tanpa perbuatan seperti pohon tanpa buah" ada hadist lain al 'ilmu bilaa 'amal laisa bi'ilmin " ilmu yg tidak disertai amal bukan Ilmu. Jadi kalo ada orang ygberilnu tapi tidak mau mengaplikasikan berarti dia sebenarnya belum Tahu. Dan Cahaya ilmu itu belum masuk pada hati n pikiran.
11. Ibu Lusi - Pandeglang
Fenomena sekarang, kebanyakan anak2 remaja ketika belajar formal di sekolah harapannya mendapatkan nilai tinggi, dengan cara apapun, bagaimana menanamkan hal yang baik pada mereka bahwa menuntut ilmu adalah proses menjadi pribadi yg lebih baik dan ada adab2 yg harus dijalankan? Karena terkadang agak sulit memberitahu lewat lisan atau nasihat.
Ibu Ulfah : Adab itu sebenarnya dicontohkan & ditularkan maka sbg orang dewasa kita adl sebaik2 contoh bagi mereka. Krn anak2 adl peniru yg super canggih.
Orang tua harus mengjargai proses belajar anak, mau menemani & mendampingi, bukan hanya memberi reward n punishment di akhir. Sehingga mereka menghargai proses belajar

0 komentar: