Blogger templates

Menulis Untuk Peradaban

Blogger news

Blogroll

About

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

About me

Ibu Rumah Tangga, Dosen, Pebisnis online, Blogger, Konsultan IndScript dan Anggota Institut Ibu profesional

Pages

Flickr Images

BTemplates.com

Rabu, 26 Oktober 2016

Pindahan memang selalu menyimpan sejuta cerita suka dan duka. Entahlah, semenjak kuliah sering banget ketemu dengan yang namanya ngalamin pindahan.

Bukan doyan sih, tapi lebih kepada kepaksa. Ya, kepaksa. Maklum waktu kuliah nyari yang gratisan..hehe.#Ups


Selama kuliah sudah mengalami 7 kali pindahan. sebenarnya saya orangnya betahan. dan paling tidak doyan yang namanya pindahan. kenapa? karena paling males peking2 barangnya.
barangnya tidak banyak sih, tau sendirilah yang namanya anak kos-kosa-an mahasiswa pula.  Apa sih harta bendanya? paling tumpukan buku-buku doang. Eits..tapi ternyata tidak terasa baju pun lumayan banyak, asesoris dan boneka-boneka ternyata banyak pula.  Mulai dari boneka terkecil sampai yang terbesar ada..hahaha. Nih mahasiswa doyan banget sama namanya boneka. Maklum, waktu kecil gak pernah dibeliin boneka sama emaknya. wkwkwk.

Waktu kuliah S1 saya sudah mulai kos. Biayain kuliah sendiri, bayar kos-an sendiri,  buat makan sehari-hari pula dari sendiri. Bayangkan bagaimana saya tidak "ngap-ngapan". Untuk bisa survive  saya harus totalitas ngasih privat. Bela-belain pulang privat sampe jam 9 malem. Perjuangan banget kan?
tapi untungnya  selama 4 tahun dapat beasiswa prestasi, jadi bayar kuliah tinggal nambahin dikit-dikit doang. memang rezeki anak sholihah. hehe.
Ada sampingan pula sambil kuliah, jadi pengurus KOPMA. Lumayan, bisa pakai komputer gratis buat kerjain tugas kuliah dan tugas akhir. Karena dulu belum punya komputer apalagi laptop.
Honor jadi pegurus kopma hanya Rp. 180.000 doang per bulan. coba bayangkan uang segitu cukup buat beli apaan? yah, tapi itulah mungki yang disebut uang berkah. Alhamdulillah, saya masih bisa hidup.

Kembali lagi ke pindahan.
Alhamdulilah, selain kuliah, saya juga aktif di kajian Islam. Ada salah satu ustadzah yang tau bangaimana perjuangan saya untuk bisa kuliah dan bertahah hidup. Jungkir baliknya saya kuliah. Akhirnya dia menawarkan saya untuk tinggal bersama di rumahnya. geratissss.

Saya bahagia dong, setidaknya saya tidak usah memikirkan uang buat bayar kos-an kan setiap bulannya. Saya pindahan pakai motor dan diabntu oleh teman yang di KOPMA. Pindahannya selepas magrib dan dalam kondisi hujan gerimis cukup deras. Dramatis banget kan?

Saya tidak bawa barang seluruhnya, sebagian buku dan baju masih tersisa di kos-an saya. Karena saya tidak enak ke teman saya yang harus bolak balik ke kostan, apalagi ditambah kondisi sedang gerimis.

hmm... ternyata tinggal disana hanya bertahan 1 bulan saja. Bukan tidak betah, tapi tidak enak saja. Saya tidak enak sama  ustadzah  dan suaminya. Saya merasa canggung. Apalagi kalo ustadzah tidak sedang di rumah, maka suaminya tidak akan mau masuk rumah karena tidak boleh satu rumah dengan saya yang bukan mahromnya. Pokoknya tidak enak banget

Finally, saya balik lagi ke kos-an. Untung ibu kos nya baik. Dia sih nerima saja.

Berselang beberapa bulan. saya diminta oleh salah satu  kabag keuangan Fakultas pertanian untuk menemani neneknya. Karena dia akan mutasi ke Kalimantan. Neneknya sendirian di rumah.
"baik.. saya mau pindah kesana untuk nemenin Nenek" jawab saya mantap.
kemudian, dibantu oleh salah satu adik kelas saya, akhirnya saya pindah dan angkut-angkut barang ke rumah Nenek.
lagi-lagi malam hari saya pindahan, maklum saya selalu pulang sore dari kampus. Jadi tidak ada waktu siang hari.

Alhamdulilah di rumah Nenek kuat hingga kurang lebih satu tahunan.
Ketika  mau masuk ke tahun kedua, saya mulai merasakan sesuatu gangguan-gangguan aneh di rumah nenek yang besar dan bergaya arsitek palembang tersbut. Setiap malam serasa ada yang manggil-manggil nama saya. Ah...menyeramkan pokoknya. Ditambah lagi dengan keterangan dari anak privatku yang memiliki indra ke enam, yang waktu itu privat di rumah nenek.
"Teteh di rumah teteh serem banget banyak penghuninya" begitu celotehnya.
deg, saya langsung merinding.
Eh besok malamnya, jam 22.00 WIB tiba-tiba bau masakan, padahal kita gak masak loh ya. saya pikir mungkin ini tetangga samping kiri rumah sedang masak. Karena kalo tetangga yang lain tidak ada. Rumah nenek lokasinya paling ujung. Samping kanan, depan dan belakang tidak ada tetangga.

Esok paginya, saya ngobrol dengan tetangga sebelah kiri rumah.
" Teh, si Aa tadi malam masak tah jam 22.00 WIB?" tanya saya penasaran.
" Hmm...enggak ko teh, si Aa tadi malam gak pulang ke rumah. Ada saya, si dede dan mertua saja di rumah, dan mereka pun tidak masak malam-malam". jawab si teteh.

"Haduh...masa sih sate yang di munjul baunya nyampe sini. Tidak mungkin ah, jaraknya kan jauh  banget" saya membatin. Sepertinya rumah nenek harus segera di ruqiyah. hehe.

Suasana semakin mencekam.Saya ditinggal sendirian saja di rumah  besarnya tersebut. Ditinggal Nenek selama 1 bulan ke Bogor.

Awalnya dikuat-kuatin, di berani-beraniin, tapi akhirnya pertahanan runtuh juga. Semakin takut. Apalagi kalo sudah mulai sore hati sudah mulai deg-degan. Merasa malam itu lamaaaa sekali ke pagi.

Saya tidak mau ambil resiko kala itu. Saya meutuskan pindah lagi ke kosan dulu. Ahamdulillah lagi-lagi masih diterima. ah...memang baik seklai ibu kos ku ini :) :)

Satu bulan berlalu, nenek pulang dari Bogor. Sebenarnya saya belum bilang ke nenek kalo saya selama kurang lebih satu bulan tinggal di kos an lama. dan bermaksud bilang stelah nenek kembali.
Akhirnya saya beraniin bilang kalo saya akan balik lagi pidah ke kos-an. Soalnya saya tidak berani kalo harus tinggal sendiri di rumah besar ini.
Mendengar saya mau pindah lagi ke kosan, tiba-tiba nenek menangis dan berkata, "Nie...nggak sayang sama nenek? masa nenek dibiarkan tinggal sendiri di rumah sebesar ini? nenek janji tidak akan pergi-pergi".

Hmm...akhirnya saya balik lagi ke nenek, dan tentunya dengan izin ibu kos.
lumayan lama, kurang lebih 8 bulanan saya masih bertahan di rumah nenek. Tapi ternyata kondisi nenek semakin hari semakin buruk. Saya menginformasikan kondisi nenek ke anaknya yang di Palembang. Kemudian nenek di bawa oleh anaknya untuk di rawat. Dan saya balik lagi ke kosan. Alhamdulillah, lagi-lagi saya masih diterima ibu kosan lamaku. Hatinya bak malaikat banget kan? tapi tidak  tau deh hatinya mungkin ngedumel, nih anak ko balik balik terus, niat tidak sih mau ngekos.

Saya masih di kosan itu sampai saya lulus kuliah S1 dan saya diangkat jadi asdos dan staf di kampus saya. cukup lama lah.
Kemudian setelah  2 tahun lulus dari S1, saya ikutan beasiswa S2 dan lulus di Universitas Diponegoro Semarang. saya memutuskan untuk pindah ke Semarang.
Ibu kos sama sekali tidak marah, dia bangga anak kos nya bisa lanjut S2 dengan beasiswa unggulan pula.

Hmm.. belum juga kuliah S2 berjalan satu bulan. Saya memutuskan untuk bolak balik Semarang-Majalengka satu minggu sekali. Senin sampe rabu saya di majalengka,  kamis sampai minggu di Semarang. Kenapa saya memutuskan untuk bolak-balik? karna saya harus kerja di Majalengka. Super women lah pokonyamah. Nyetrikain pantura seminggu sekali :)

Selama di majalengka, saya tinggal di rumahnya Ibu yanti. Beliau bukan saudara saya,  tapi saya kenal beliau lewat pengajian. Dia di rumah sendirian, suaminya kerja di singapur, anak pertama sudah menikah dan tinggal di Jawa sementara anak bungsunya tinggal di Bogor untuk sekolah. Jadi setiap hari senin sampe rabu saya temenin.

Hanya satu setengah tahun saja saya tinggal di rumah ibu Yanti. Saya memutuskan untuk keluar. Hal tersebut karena suaminya akan balik ke Indonesia. Akhirnya saya nyari rumah atau kos an lagi. Mau balik lagi ke kosan lama, saya merasa tidak enak. Akhirnya saya nyari rumah kontrakan yang harganya terjangkau.  Karena saya berencana sedikit demi sedikit beli perabot rumah tangga untuk persiapan. Biar nanti kalo menikah perabot rumah tangga sudah lengkap
Saya ngontrak di salah satu rumah perum milik salah satu teman dosen.
Dan masih betahan sampai sekarang penulis menulis kisah ini. Kurang lebih sudah 2 tahun saya tinggal disini dan sampai saya sudah menikah pun saya tetap bertahan di sini.

"Kenapa teh gak ngambil rumah perum saja? kan cicilannya murah, masa gak sanggup? teteh dan suami kan kerja?' begitu tanya pak RT.
Kami memberikan penjelasan bahwa kami memutuskan untuk tidak mengambil rumah kredit yang melibatkan bank dan ada bunganya, itu prinsip saya dan suami.

Cerita pindahan tidak berhenti sampe sini...
sekarang saya dan suami sedang bingung bin galau memutuskan tempat tinggal kita dimana, di Majalengka, Bandung atau Karawang.
hehe...kami tinggal di 3 kota. hari senin, jumat, sabtu dan minggu saya di Majalengka, selasa dan  rabu saya di Karawang. ngapain? ya ngajar atuh dan tentunya sedang mempersiapkan mimpi besar untuk keluarga kecil kami nanti.
Sementara suami hari senin sampai jumat kerja di Bandung kadang juga di Karawang, sesekali ke Jakarta dan weekend baru pulang ke Majalengka.
pusing kan? udah tidak usah dipikirin. Biarkan kami saja yang pusing.hehe..
Insya Alloh ini tidak akan berlangsung lama. Siapa sih yang mau hidup LDR an?
Saya selaku seorang istri akan senantiasa mengikuti suami kemanapun dia pergi. Karena dari dia lah peluang pahala terbuka lebar.
Mohon doanya saja, semoga diberikan yang terbaik. Meskipun suatu saat harus pindah lagi no problem. Karena pindah itu menyenangkan. Saya bisa mendapatkan suasana dan  teman baru.
I'm Moving, I'm Very Happy. :)




2 komentar:

Lilies Her mengatakan...

salam kenal mbak henny,
serem euy pas tinggal sendiri dirumah nenek, aku mah uda ngajak nenek kabur langsung itu hehe

bagian bolakbalik 3 kota dalam seminggu itu wow banget buatku, bolakbalik di satu kota aja udah mpot-mpotan kadang hehe, keren mbak

Unknown mengatakan...

Salam kenal juga mbak Lilies :)

iya nih sedang wara-wiri di 3 kota.