Blogger templates

Menulis Untuk Peradaban

Blogger news

Blogroll

About

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

About me

Ibu Rumah Tangga, Dosen, Pebisnis online, Blogger, Konsultan IndScript dan Anggota Institut Ibu profesional

Pages

Flickr Images

BTemplates.com

Kamis, 24 November 2016


NICE HOMEWORK #6_
*BELAJAR MENJADI MANAJER KELUARGA HANDAL*

Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal.
Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.
Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu
*_RUTINITAS_*
Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita _Merasa Sibuk_sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.
Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :

1.    Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

  •   3 Aktivitas yang paling penting:

1)   Beres-beres rumah (setiap hari) dan menyiapkan serta melayani suami walau hanya di saat weekend saja (karena suami kerja di luar kota dan pulang saat weekend)
2)   Menyiapkan bahan buat mengajar dan belajar
3)   Rekap keuangan bisnis


  •   3 Aktivitas yang paling tidak penting:

1)   Penggunaan gadget  yang berlebihan, misal buat pesbukan yang tanpa tujuan
2)   Ngobrol sama teman
3)   Nonton TV

2. Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?
Waktu yang dihabiskan saat ini sampai dengan pertengahan desember adalah diperjalanan, karena kondisi saat ini saya harus “terpaksa” melakukan pengabdian untuk mengajar di dua kota yaitu di Majalengka dan Karawang. Dan ini sangat menyita waktu, materi dan tenaga. Aktivitas ini kurang lebih sampai pertengahan desember 2016 ini saja. Selain itu, terkadang waktu juga habis buat gadget yang terkadang tanpa tujuan, misal pesbukan dsb.

3. Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.
-  Menulis
-  Mempersipakan bahan ajar dan  belajar
-  Belajar Bisnis

4. Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

  Jam 05.00-06.30          : Bersih-bersih rumah dan menyiapkan sarapan
  Jam 08.00-16.00          : di kampus
  Jam 19.15-20.00          : Rekap keuangan bisnis dan pribadi dan bungkusin paket
  Jam 20.00-22.00          : Siapkan bahan ajar, belajar dan menulis (kecuali hari sabtu dan minggufleksibel karena ada suami di rumah)

5. Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.
6. Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

03.00-05.00     : Tahajud, shalat Shubuh dan menulis
05.00-06.30     : Bersih-bersih rumah dan nyiapin sarapan
06.30-08.00     : Istirahat sejenak dan mempersiapkan buat pergi ke kampus
08.00-16.00     : Ngajar dikampus
16.00-17.00     : beres-beres dan bersih-bersih
17.00-18.00     : Istirahat (kadang diisi dengan baca buku)
18.00-19.15     : Shalat Maghrib, Tilawah, Murojaah, shalat Isya
19.15-20.00     : Rekap keuangan bisnis dan prbadi , cek transferan, serta bungkusin paket
20.00-22.00     : Siapkan bahan ajar, baca dan menulis
(Jadwal hari sabtu dan minggu fleksibel, karena suami ada di rumah. Dimaksimalkan untuk mengurusi dan melayani semua kebutuhan suami terlebih dahulu)

7. Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.


0 komentar: