Blogger templates

Menulis Untuk Peradaban

Blogger news

Blogroll

About

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

About me

Ibu Rumah Tangga, Dosen, Pebisnis online, Blogger, Konsultan IndScript dan Anggota Institut Ibu profesional

Pages

Flickr Images

BTemplates.com

Jumat, 17 Maret 2017


Berbicara kemandirian sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru bagi saya, apalagi ketika lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).  Kehidupan yang keras  telah MEMAKSA diri ini HARUS MANDIRI. Tapi ternyata belajar mandiri memang tidak bisa instan, butuh proses yang konsisten. Hingga sikap ini menjadi habit bagi pelakunya.


Pun sekarang, setelah menikah. Ketika sebagian istri sangat tergantung terhadap suaminya. Sementara saya masih harus terus belajar mandiri. Karena kondisi pekerjaan suami yang jauh di sebarang. Pernah berharap dalam hati bahwa setelah menikah sikap kemandirian ini akan saya reduksi sedikit demi sedikit. Terutama untuk perkara-perkara  yang berkaitan dengan pekerjaan domestik yang menuntut peran laki-laki. Ah, ternyata harapan tinggal harapan. Tapi bagaimanapun tetap bersyukur karena inilah jalan indah yang harus saya jalani.

Menjalani rumah tangga dengan pola LDM terpaksa kami pilih. Tentunya kami berharap ini tidak terjadi dalam jangka waktu lama. Karena bagaimanapun hidup berumahtangga dengan pola LDM itu sungguh tidak mengasikan. Butuh pengorbanan dan perjuangan dalam menapakinya.

Subhanalloh, Alhamdulillah..bersyukur luar biasa bisa dipertemukan dengan komunitas HEBAT ini. Komunitas para bunda yang saling menguatkan, memeluk erat ketika ada yang terjatuh, tempat berbagi ilmu serta tempat menimpa para Ibu menjadi Ibu-Ibu Profesional. Ya…inilah Institut Ibu Profesional.

Materi kemandirian yang diberikan oleh para bunda fasil, coba saya rasakan sedikit demi sedikit, saya kunyah pelan, kemudian setelah itu saya makan. Luar biasa, makanan ini sungguh menyehatkan sehingga diri ini tumbuh berkembang dengan sehat dalam habit kemandirian, walaupun masih harus terus belajar.

Melatih kemandirian bukanlah ilmu yang dipraktikkan cukup hanya sekali dua kali atau hanya dalam hitungan challange 1 sampai dengan 10. Tapi melatih kemandirian adalah proses yang panjang, kesabaran dan kesungguhan hati dalam menerapkannya, hingga diri ini layak bisa mandiri. Mandiri yang berarti tidak tergantung dengan orang lain. Insya Allah.

#aliranrasa                                                                                                 
#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

0 komentar: