Blogger templates

Menulis Untuk Peradaban

Blogger news

Blogroll

About

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

About me

Ibu Rumah Tangga, Dosen, Pebisnis online, Blogger, Konsultan IndScript dan Anggota Institut Ibu profesional

Pages

Flickr Images

BTemplates.com

Selasa, 11 April 2017


Apakah Anda pernah mengeluh atau memang sudah terbiasa mengeluh? ya, memang sebagian besar orang pernah mengeluh. Mengeluh itu salah satunya diakibatkan kenyataan tidak sesuai dengan keinginan. Ini sebenarnya manusiawi, tapi jika sikap mengeluh sudah menjadi kebiasaan bisa gawat dan berbahaya.


Sikap mengeluh itu termasuk ke dalam sikap negatif. Jika dibiarkan akan mengakibatkan kerugian bagi pelakuya atau orang-orang yang ada di sekitarnya. So, agar hal ini tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, harus segera mencari cara menghilangkannya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kebiasaan mengeluh.

1.    Ubah Mindset
Mengubah mindset memang tidak semudah membalikan telapak tangan,  butuh proses. Eits, tapi bukan berarti tidak bisa. Memang dalam diri manusia terdapat dua energi, yaitu energi positif dan negatif. Manusisa terkadang lebih sering tertarik kepada energi negatif.  Mengeluh adalah salah satu yang termasuk ke dalam kebiasaan negatif. Nah, jika Anda mendapati kenyataan yang tidak sesuai dengan keinginan. Anda harus sekuat tenaga menahan diri agar tidak terjerembab dalam kebiasaan mengeluh. Ubah cara berfikir negatif menjadi positif. Minta ke teman sekitar untuk selalu mengingatkan ketika Anda sudah mulai mengeluh. Tidak mudah memang, tapi jika dilatih secara terus-menerus Insya Allah akan menjadi kebiasaan yang positif.

2.    Perbanyak Bersyukur
Bersyukur adalah cara terhebat untuk bahagia. Kebiasaan mengeluh membuat orang yang melakukannya tidak bahagia. So, ketika perasaan mengeluh itu muncul, maka ingat-ingatlah akan daftar nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada Anda. Nikmat yang tidak akan pernah terhitung dengan akal manusia walaupun menggunakan kalkulator yang tercanggih sekalipun. Jika kenyataan tidak sesuai dengan keinginan, ingtalah bahwa Allah sennatiasa memberikan takdir yang terbaik bagi hamba Nya. Perbaiki ibadah Anda. Lepaskan, serahkan segala urusan dunia yang menyesakaan dada kepadaNya.

3.    Jangan menjadi manusia yang perfeksionis  berlebihan
Berkeinginan menjadi sosok yang perfeksionis bukanlah suatu kesalahan. Tapi akan menjadi masalah jika menginginkan manjadi manusia perfeksionis berlebihan. Karena sikap inilah yang menjadi sesorang sering mengeluh. Standar dan targetnya terlalu tinggi. Sehingga jika tidak sesuai dengan kenyataan akan mengeluh. Terlalu mengharapkan kesempurnaan juga bisa menghilangkan akal sehat seseorang. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi sikap perfeksionis yang berlebihan.

4.    Curhat kepada orang yang Anda percaya
Terkadang ada tipe orang yang susah sekali untuk meredam atau menyimpan masalah yang sedang dialaminya. Jika disimpan dalam diri bisa mengakibatkannya stress. Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa meredam emosi, maka coba untuk curhat kepada orang yang bisa Anda percaya. Mintalah nasehat dan motivasinya. Dengan demikian, mudah-mudahan Anda bisa tenang dan menemukan solusi atas semua permasalahan.
Demikianlan cara untuk mengurangi kebiasaan mengeluh. Semoga bermanfaat

0 komentar: