Blogger templates

Menulis Untuk Peradaban

Blogger news

Blogroll

About

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

About me

Ibu Rumah Tangga, Dosen, Pebisnis online, Blogger, Konsultan IndScript dan Anggota Institut Ibu profesional

Pages

Flickr Images

BTemplates.com

Rabu, 19 April 2017

Tugas akhir bagi sebagian mahasiswa adalah sesuatu yang menakutkan. Apakah Anda jutga termasuk mahasiswa yang beranggapan demikian? Jika ya, maka Anda harus merubah mindset tersebut. Karena tugas akhir bagi mahasiswa adalah syarat untuk mendapatkan sebuah gelar akademik. Jadi, mau tidak mau atau suka tidak suka,  Anda harus tetap melewati tahapan ini. Anda bisa sukses menyelsaikan tugas akhir, jika Anda mengetahui kiat suksesnya. Berikut ini kiat sukses dalam menyelesaikan tugas akhir bagi mahasiswa:

1.    Rubahlah mindset Anda
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merubah mindset tentang tugas akhir. Hal ini sangat penting, karena sebagian besar mahasiswa menganggap bahwa tugas akhir adalah sesuatu yang menakutkan, membuat pusing, menganggap dosen pembimbing atau penguji itu galak, susah ditemui dan anggapan-anggapan lain yang sebenarnya belum tentu terjadi. Nah, jika mindset tersebut dibiarkan, maka akan membuat Anda semakin sulit dalam menyelesaikannya. Jadi, rubahlah mindset negatif dengan mindset positif , agar tugas akhir bisa dikerjakan secara ringan dan mudah.
2.    Pastikan sudah mengambil mata kuliah metodologi penelitian
Dalam pengerjaan tugas akhir biasanya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah sudah mengambil mata kuliah metodologi penelitian. Biasanya mata kuliah ini menjadi prasyarat pengambilan mata kuliah skripsi. Mata kuliah ini juga berperan penting dalam metode penelitian di dalam tugas akhir Anda.
3.    Pastikan mengambil mata kuliah skripsi
Jika Anda ingin selesai kuliah kurang dari 4 tahun, maka Anda harus sudah memastikan bahwa mata kuliah skripsi sudah masuk dalam KRS semester tujuh. Karena ini menjadi tiket untuk bisa menyelesaikan skripsi.
4.    Pastikan tidak ada nilai yang bermasalah
Sering sekali ditemui mahasiswa tingkat akhir yang kebingungan, gara-gara masih banyak nilai yang bermasalah. Sehingga membuatnya terhalang untuk bisa mengambil mata kuliah skripsi. Oleh kerena itu, Anda harus bisa memastikan bahwa tidak ada satupun nilai yang bemasalah. Baiknya urusan nilai itu diselesaikan jauh-jauh hari.
5.    Pastikan semua masalah keuangan sudah beres
Selain masalah akademik masalah lain yang tak kalah penting adalah masalah keuangan. Banyak sekali kita temui mahasiswa tingkat akhir yang terkendala tidak bisa mengambil mata kulih skripsi dikarenakan masalah keuangan. Memang sebaiknya penyelesaian keuangan jangan sampai ditumpuk, karena semakin ditumpuk maka akan semakin berat.
6.    Sudah memiliki topik yang akan diangkat dalam tugas akhir
Idealnya memikirkan topik untuk tugas akhir adalah ketika Anda sedang duduk di semester enam. Sehingga ketika Anda sudah di semeseter akhir, Anda sudah memiliki beberapa alternatif topik yang akan diangkat. Tapi jika Anda tidak melakukan itu di semester enam, Anda harus segera mencari topik tersebut dengan perbanyak baca referensi, baik dari jurnal penelitian, buku, tugas akhir satu jurusan atau dengan cara langsung bertanya ke sumber informasi baik primer maupun sekunder.
7.    PDKT kepada Dosen yang ingin Anda jadikan sebagai pembimbing
Salah satu penentu cepat tidaknya tugas akhir adalah fakor dosen pembimbing. Lakukanlah PDKT kepada dosen yang ingin Anda jadikan sebagai pembimbing dan tanyakan kesiapannya.
8.    Segera Membuat proposal tanpa nanti
Ketika nama dosen pembimbing sudah dikantongi, segeralah untuk menulis proposal. Tulislah proposal atau tugas akhir sesuai dengan format yang sudah diberikan oleh program studi atau fakultas.
9.    Rajinlah Bimbingan
Cari tahu kapan dosen pembimbing bisa memberikan bimbingan. Setelah mendapatkan informasi tersebut, lakukan bimbingan secara intensif. Ikuti apa saja kata dosen pembimbing. Jika pembimbing pernah menulis buku,  maka jadikan salah satu  sitasi dalam proposal atau tugas akhir Anda.
10.    Lenyapkan Rasa Malas
Rasa malas adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi mahasiswa tingkat akhir. Sebisa mungkin harus bisa menangkalnya. Bergaulah dengan teman-teman yang selalu semangat ingin cepat selesai tugas akhir, hindari teman-teman yang malas, atau teman-teman yang sering mengajak kepada aktivitas yang tidak penting dan tidak berhubungan dengan tugas akhir Anda.
11.    Jangan lupa minta doa orang tua
Doa orang tua adalah keramat. Mintalah kepada mereka terutama ibu, meskipun jarak memisahkan. Minta untuk dipermudah dalam pengerjaannya dan dikuatkan dalam menjalaninya.
12.    Sertakan Tuhan dalam pengerjaan tugas akhir  Anda
Anda perlu ingat bahwa skripsi selesai semata-mata tidak hanya usaha Anda saja, tapi juga izin dari-Nya lah yang akan sangat menentukan. Maka berdoalah kepada-Nya setiap saat.
Demikianlah kiat sukses dalam menyelesaikan tugas akhir. Semoga bermanfaat.


0 komentar: