Blogger templates

Menulis Untuk Peradaban

Blogger news

Blogroll

About

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

About me

Ibu Rumah Tangga, Dosen, Pebisnis online, Blogger, Konsultan IndScript dan Anggota Institut Ibu profesional

Pages

Flickr Images

BTemplates.com

Kamis, 06 April 2017


Hidup itu memang pilihan, the life is choice, apapun itu. Dan setiap pilihan memiliki konsekuensinya masing-masing. Terkadang tidak jarang perasaan menyesal menghampiri. Tapi sebisa mungkin harus bisa menepis perasaan tersebut. Apalagi bagi seorang muslim, disyariatkan sebelum memilih suatu pilihan dianjurkan untuk shalat istiqarah terlebih dahulu. Agar keputusan yang diambil di Ridhoi-Nya.

Memilih berbisnis bagi seoramg Ibu rumah tangga pun adalah pilihan. Asalakan sang istri tidak melalaikan kewajibannya sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya. Sebenarnya berbisnis dari rumah sudah menjadi cita-cita saya sejak lama. Apalagi dunia bisnis atau dagang sesuatu yang tidak asing lagi di hidup saya. Saya dibesarkan di lingkungan pedagang. Ibu saya pedagang dan hampir dari keluarga besar saya adalah pedagang.

Dan sekarang saya mencoba untuk menseriusi dan coba untuk mulai mengembangkan bisnis saya ini. Saya banyak diskusi dengan suami, meskipun hanya via telepon, di sela-sela istirahat atau waktu kosongnya dalam bekerja, Ia selalu menelpon. Dan ini saya sebut sebagai family forum. Maklum LDM ya sperti ini family forumnya. Tidak apa-apa asalkan esensinya didapat.

Suami mendukung 100% keputusan saya untuk mulai menapaki dunia bisnis. Ia, berkontribusi dalam penyediaan dana, fasilitas IT, dan parter sharing sejati. Tidak jarang ia memberikan ide bisnis yang sebelumnya sama sekali tidak saya fikirkan. Ide tersebut salah satunya untuk merapihkan database bisnis. 

Database bisnis itu meliputi apa saja, daftar konsumen, daftar supplier, daftar distributor, daftar marketer serta reseller. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa menyimpan data tersebut secara rapih. Terkadang konsumen langganan kita suka malas kalau kita minta kirimkan alamat nya lagi. ujung-ujungnya tidak jadi order. Nah, ini bisa gawat. Maka untuk mengantisipasinya gunakan database bisnis.
Gambar Database Workbook for Mompreneur

Sebenarnya selama ini saya sudah memiliki database tersebut tapi masih dalam bentuk yang sangat sederhana. Dan database yang saya bikin hanya untuk kolom data konsumen saja, sementara kolom data buat yang lainnya tidak ada.

Nah, database bisnis ini saya jadikan projek untuk menyelesaikan tantangan my family my projek.

#Tantanganhari9
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP



0 komentar: